Iklan

Penistaan Hukum oleh Terpidana Ahok ?!

Posted by Gerakan Rakyat on Kamis, 04 Januari 2018


GERAKAN RAKYAT - Apakah seorang narapidana boleh ditempatkan di Rutan? Sesuai aturan, karena terbatasnya jumlah Rutan di Indonesia, yang boleh dilakukan sebenarnya hanyalah menjadikan Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) sebagai Rutan (Rumah Tahanan), dan bukan sebaliknya.
Jika ada kondisi tertentu yang mengharuskan seorang terpidana perlu dipindahkan dari sebuah Lapas, yang bersangkutan hanya bisa dipindahkan dari satu Lapas ke Lapas lainnya, dan bukan dipindah dari Lapas ke Rutan.

"Rumah Tahanan Negara selanjutnya disebut RUTAN adalah tempat tersangka atau terdakwa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan ".

Sementaramengenai pengertian LAPAS diatur pada Pasal 1 angka 3 UU No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan yang berbunyi:

"Lembaga Pemasyarakatan yang selanjutnya disebut LAPAS adalah tempat untuk melakukan pembinaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan ".

RUTAN merupakan tempat menahan tersangka atau terdakwa untuk sementara waktu sebelum keluarnya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. SementaraLAPAS merupakan tempat untuk melakukan pembinaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, seorang narapidana harus ditempatkan di dalam LAPASuntuk mendapatkan pembinaan, tambahan pada kemampuan karena fungsi RUTAN di indonesia fungsi LAPAS berubah menjadi RUTAN . Beberapa LAPAS yang seharusnya menjadi tempat membina narapidana ini digunakan untuk menahan tersangka atau terdakwa. Perubahan fungsi inipada Surat Keputusan Menteri Kehakiman No. M.04.UM.01.06 Tahun 1983 tentang Penetapan Lembaga Pemasyarakatan Tertentu sebagai Rumah Tahanan Negara . Pada tanggal Surat Keputusan Menteri Kehakiman ini daftar pagu LAPAS yang juga bisa menjadi RUTAN.

Tapi kenapa aturan tersebut tak berlaku untuk terpidana Saudara Basuki?! Inilah salah satu noda hitam dalam penegakkan hukum sepanjang tahun 2017. (Berbagai Sumber/GR)


Referensi: http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt50a080389dc32/apakah-narapidana-boleh-ditempatkan-di-rutan

Previous
« Prev Post

Related Posts

1/04/2018 09:25:00 PM

0 komentar:

Posting Komentar