Bongkar Kejanggalan Kasus Chat Hoax HRS Yang Terkesan Dipaksakan Kepolisian

Oleh:   Gerakan Rakyat Gerakan Rakyat   |   10/11/2017 11:48:00 AM
GERAKAN RAKYAT - Banyak kejanggalan dalam kasus chat hoax HRS yang terkesan sangat dipaksakan oleh pihak kepolisian. Mulai dari tak kunjung ditemukannya siapa pengunggah chat hoax tersebut, ditolaknya Red Notice oleh Interpol, hingga pengemebalian berkas kasus tersebut dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) kepada Polda Metro Jaya. Selain itu juga, Pakar Telematika Abimanyu (Abah) dan Pakar IT ITB Hermansyah dalam acara ILC telah membeberkan dengan rinci bahwa chat dan video yang tersebar adalah hoax. Yang sangat jadi masalah adalah, isu tersebut dibiarkan "ngambang" beredar di masyarakat tanpa kejelasan, hingga muncul spekulasi-spekulasi negatif terhadap HRS. Beberapa pihak menduga bahwa kasus ini sengaja direkayasa dengan tujuan untuk menjatuhkan dan membunuh karakter HRS sebagai tokoh ulama yang telah berhasil mengorganisir dan memobilisasi 7 Juta massa Umat Islam di Aksi 212.

Berikut adalah 5 fakta ganjil video HRS dan FH sebagai ketua yayasan solidaritas sahabat cendana yang sempat viral seperti dilansir pojok satu.

1. Habib Rizieq tak lagi pegang HP
Video yang diunggah berisi rekaman percakapan melalui aplikasi pesan WhatsApp mengindikasikan Habib Rizieq intens menggunakan ponsel untuk berkomunikasi demi melancarkan aksi perselingkuhannya dengan Firza Husein. Namun kenyataannya Habib Rizieq sudah tak lagi menggunakan ponsel sejak Mei 2016.

Hal itu diungkap Habib Rizieq sendiri saat aksi 411 karena banyaknya praktik cloning yang memanfaatkan ponselnya untuk menjatuhkan Habib Rizieq.

Tim Advokasi GNPF pun mengungkapkan hanya Istrinya yang memegang hape sebagai alat komunikasi Habib Rizieq, sehingga tidak mungkin perselingkuhan itu terjadi mengatasnamakan Habib Rizieq.

2. Gaya bahasa tak sesuai sebagaimana Habib Rizieq
Gaya bahasa Habib Rizieq sebagaimana yang diunggah penyebar video tersebut menunjukkan Habib Rizieq menggunakan bahasa populer seperti anak muda atau remaja, padahal menurut sumber yang sering berkomunikasi dengan Habib Rizieq beliau.

“Kalau bicara dengan HRS (Habib Rizieq Shihab) itu bahasanya kadang terselip satu dua kata arab, dan lebih medok ke lafal Betawi,” ujar sumber itu.

3. Konten percakapan Habib Rizieq dengan Firza Husein tidak relevan dengan fakta
Dalam salah satu konten pembicaraan Habib Rizieq dengan Firza Husein yang tersebar di media sosial digambarkan Habib Rizieq sedang berada di kamarnya di rumah Petamburan, dan bukannya di Mega Mendung.

Keganjilan yang lain adalah disebutkan Habib Rizieq memiliki satpam. Padahal Habib Rizieq tidak memiliki satpam.

4. Pembicaraan Firza Husein tampak satu arah
Dalam salah satu video curhatan Firza Husein kepada seorang yang disebut Kak Ema tak tampak adanya komunikasi dua arah sebagaimana dua orang berbicara dan menimpali. Tapi ini belum bisa dibuktikan juga apakah sudah diedit atau belum.

Pakar Deteksi Kebohongan Handoko Gani mengungkapkan soal ini. “Pernyataan Verbal ini BUKAN scripted (hafalan yg sengaja dibuat). Namun, saya perlu verifikasi apa memang bicara sendiri atau ada suara Kak Ema,” ujarnya.

5. GNPF temukan penyebar video selingkuh Habib Rizieq dengan Firza Husein
GNPF MUI mengaku sudah menyimpan nama penyebar video selingkuh Habib Rizieq dengan Firza Husein yang dinilai merupakan berisi fitnah. Persoalan ini langsung dibawa ke proses hukum untuk ditindak lanjuti.

Sumber : pojok satu



Tampilkan Komentar