Iklan

PKI: "GEBUK" atau "BERANTAS"?

Posted by Gerakan Rakyat on Kamis, 15 Juni 2017

GERAKAN RAKYAT - Postingan ini semata-mata agar mengurangi diskomunikasi atau blunder pada presiden dikemudian hari dan para pembaca tau bahwa "hanya dari teks saja karakter dan niat seseorang pun bisa terbaca" atau biar ga multitafsir lah. Harusnya fansnya yang ungkapin ini bukan kontranya kayak saya. But "Knowledge for all".

Tulisan ini saya kutip sebagian dari status Balya Nur.

Itulah cuplikan pidato Presiden Jokowi pada acara Peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1438 H/2017 M/MTQ Yatim Piatu. Tentu saja kegiatan positif ini harus kita dukung. Masa sih pemerintah nggak ada bagus-bagusnya. Pasti ada lah...

Cuma satu hal. Saya sulit mehahami makna : "Memerangi kemiskinan, memberantas radikalisme, memberantas terorisme, dan menggebuk komunisme"

Diksinya kurang bagus.. jadi multitafsir. Kenapa?

"Memerangi" kemiskinan?
"Memberantas" radikalisme dan terorisme?
"Menggebuk" komunisme?


  • Memerangi = serius sekali kan dari kata perang. Tak akan berakhir sampai kalah atau menang. Tapi ini agak agaknya kurang baik. Ada kata yang lebih tepat.
  • Memberantas = keras sekali karena kalimatnya "berantas" atau basmi. Dilenyapkan. Saya hanya setuju dibagian ini.
  • Menggebuk = cuma disanksi. Terlihat kurang serius. Yang namanya dari kata "gebuk" seperti remeh dan multitafsir. Tidak sekeras radikalisme dan terorisme.

Kalau saya yg bikinin akan begini :
"Mensejahterahkan rakyat miskin, memberantas radikalisme, terorisme, dan komunisme" 

Coba liat buatan saya? Lebih pendek dan efektif. Tepat.

Kemiskinan bukan diperangi tapi rakyat nya disejahterahkan tentu diksinya lebih positif karena kemiskinan adalah sebab. Sedangkan terorisme, radikalisme, maupun komunisme adalah penyakit. Ya layaknya penyakit ya dilenyapkan. Masa komunis cuma digebuk? Kesannya kok pilih kasih ya? Jadi multitafsir gitu. Pentingnya teks agar diucapkan juga lebih tepat arahnya.

Apalagi kalau bisa presiden yang terhormat serius mau "gebuk" tapi bagusnya serius "memberantas" komunisme. Contohnya yang udah2 orang post termasuk 1 anggota di partai bapak yang nulis buku dengan judul kontroversi.

Tapi please pak, lindungi kami yang niat taat padamu.. kalau kita GEBUK komunis ya JANGAN DI PASAL PERSEKUSI. Jamin ya pak? 

Husnudzonnya, penyusun pidato presiden ini kayanya cuma mengambil kata yang populer saja, tidak sampai pada taraf memilih diksi yang tepat. Itu saja.

Jika ingin transkrip pidato jokowi selengkapnya ada di sumber.
Sumber : http://setkab.go.id/transkrip-pidato-presiden-joko-widodo-…/

Sekian.

Oleh : Sezhiroth Skycold

Previous
« Prev Post

Related Posts

6/15/2017 12:24:00 AM

0 komentar:

Posting Komentar